Sabtu, 14 Mei 2011

Tugas Tulisan 5 PI ( Perekonomian Indonesia )

 

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2009 Diprediksi Jatuh ke 3,7%



Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun mendatang diperkirakan akan jatuh secara tajam ke level 3,7 persen. Ini ditenggarai akan menjadi pukulan telaku dari krisis keuangan yang melanda dunia saat ini.

"Kondisi perekonomian Indonesia akan memburuk, dengan prediksi pertumbuhan turun drastis ke 3,7 persen pada tahun 2009. Semakin jelas terlihat bahwa, tidak ada satu negara pun yang kebal krisis keuangan global yang melanda dunia," ucap Direktur Corporate Network sekaligus pakar Asia Tenggara dari Economist Intelligence Unit (EUI) Justin Wood, lewat siaran pers, Jakarta, Rabu (12/11/2008).

Menurut Wood, pertumbuhan pesat dalam investasi aset tetap yang telah dinikmati Indonesia sejak tahun lalu, juga akan menurun seiring dengan ketatnya likuiditas global. Artinya ketersediaan sumber pendanaan akan semakin sulit. "Penurunan atas ekspor Indonesia juga akan berdampak kepada perekonomian," ungkapnya.

Selain adanya penurunan pertumbuhan ekonomi, Menurut Wood, pada tahun mendatang akan ada peningkatan aliran modal keluar dari Indonesia, yang mengakibatkan perusahaan-perusahaan mengalami kesulitan pendanaan karena cadangan valuta asing menipis.

Prediksi itu dimuat dalam laporan EUI tentang kajian risiko bisnis di Indonesia, yang diterbitkan Oktober lalu.

Laporan tersebut juga memperingatkan akan adanya masa-masa sulit yang akan dihadapi Indonesia dalam waktu mendatang. Itu terlihat dari pasar modal dan utang yang sudah mulai terpengaruh krisis global, bersamaan dengan risiko yang muncul karena sejumlah besar surat utang negara yang dipegang oleh investor-investor asing.

"Nilai Rupiah terhadap dolar Amerika telah turun secara drastis dalam beberapa minggu terakhir, dan meskipun kejatuhan mata uang atau krisis neraca pembayaran tidak akan terjadi pada tahap ini, namun risiko pelarian modal, terutama dari investor domestik yang sejauh ini percaya kepada rupiah, masih tetap ada," pungkasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Ekonom PT Bank Mandiri Tbk Mirza Adityaswara menyatakan, bahwa sektor perbankan harus diperkuat, sehingga bisa menggerakan sektor riil.

Jika tidak, maka prediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia akan turun drastis ke level 3,7 persen pada tahun depan, kemungkinan akan terwujud. Prediksi pertumbuhan tersebut dikeluarkan oleh Economist Intelligence Unit (EIU).

"Banking sector harus stabil karena ini merupakan pilar utama perekonomian untuk bisa menggerakan sektor riil. Prediksi pertumbuhan ekonomi 3,7 persen merupakan yang terendah yang pernah saya dengar saat ini," ungkap Mirza.

Dia menambahkan, setelah sektor perbankan sudah stabil, maka giliran Bank Indonesia menjaga tingkat suku bunga. Kendati demikian, Mirza menekankan, itu bukan berarti BI harus cenderung untuk menaikkan suku bunganya lagi

"Suku bunga yang sekarang ini bisa dimaintenance, tp tidak ada kecenderungan untuk naik. Mungkin suku bunga baru bisa diturunin di akhir kuartal 1 tahun 2009," pungkasnya.

Sumber : http://economy.okezone.com/index.php/ReadStory/2008/11/12/277/163367/pertumbuhan-ekonomi-indonesia-2009-diprediksi-jatuh-ke-3-7

Tidak ada komentar:

Posting Komentar