Selasa, 09 November 2010

Tugas 6

Soal !

1. Jelaskan dengan singkat, ada berapa sifat produksi yang saudara ketahui ? Maksimal 4 !

Jawab : Sifat Produksi :
                                     - Tahapan Produksi.
                                     - Operasi Produksi.
                                     - Produktivitas.
                                     - Efisiensi.

Sumber : http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://www.bized.co.uk/educators/level2/busactivity/lesson/production1.htm

2. Jelaskan dengan singkat pengertian produksi secara umum dan secara ekonomi ?

Jawab :

- Produksi secara umum = Pengertian atau definisi Perusahaan ialah suatu tempat untuk melakukan kegiatan proses produksi barang atau jasa. Hal ini disebabkan karena ‘ kebutuhan ‘ manusia tidak bisa digunakan secara langsung dan harus melewati sebuah ‘ proses ‘ di suatu tempat, sehingga inti dari perusahaan ialah ‘ tempat melakukan proses ‘ sampai bisa langsung digunakan oleh manusia.

Sumber : http://syadiashare.com/pengertian-perusahaan.html

- Produksi secara ekonomi = Para ahli ekonomi mendefinisikan produksi sebagai “menghasilkan kekayaan melalui eksploitasi manusia terhadap sumber-sumber kekayaan lingkungan” Atau bila kita artikan secara konvensional, produksi adalah proses menghasilkan atau menambah nilai guna suatu barang atau jasa dengan menggunakan sumber daya yang ada. Produksi tidak berarti menciptakan secara fisik sesuatu yang tidak ada, karena tidak seorang pun yang dapat menciptakan benda. Oleh karenanya dalam pengertian ahli ekonomi, yang dapat dikerjakan manusia hanyalah membuat barang-barang menjadi berguna,disebut “dihasilkan”. Produksi bisa ditilik dari dua aspek; kajian positif terhadap hukum-hukum benda dan hukum-hukum ekonomi yang menentukan fungsi produksi, dan kajian normatif yang membahas dorongan-dorongan dan tujuan produksi.  Pembahasan mengenai nilai, norma, dan etika dalam produksi termasuk kedalam aspek normative yang banyak dikaji oleh para ahli teori social.

Sumber : http://zonaekis.com/pengertian-produksi#more-337

3. Dalam bidang produksi mempunyai 5 tanggung jawab keputusan utama sebutkan dan jelaskan ?

Jawab :

Tanggung jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (selanjutnya dalam artikel akan disingkat CSR) adalah suatu konsep bahwa organisasi, khususnya (namun bukan hanya) perusahaan adalah memiliki suatu tanggung jawab terhadap konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan.
CSR berhubungan erat dengan "pembangunan berkelanjutan", di mana ada argumentasi bahwa suatu perusahaan dalam melaksanakan aktivitasnya harus mendasarkan keputusannya tidak semata berdasarkan faktor keuangan, misalnya keuntungan atau deviden melainkan juga harus berdasarkan konsekuensi sosial dan lingkungan untuk saat ini maupun untuk jangka panjang.

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Tanggung_jawab_sosial_perusahaan

5 Contohnya :

1. Organisasi

2. Perusahaan

3. Karyawan

4. Pemegang Saham

5. Produsen

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Tanggung_jawab_sosial_perusahaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar